Block
Enter Block content here...
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam pharetra, tellus sit amet congue vulputate, nisi erat iaculis nibh, vitae feugiat sapien ante eget mauris.
New Block
Wednesday, October 5, 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 01
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Bawang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Ruang Lingkup Biologi
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Bawang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Ruang Lingkup Biologi
Setelah melakukan observasi siswa dapat menjelaskan permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan dengan tepat
B. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan ruang lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja
4.1 Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat Organisasi kehidupan
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1. Mengidentifikasi organisasi tingkat kehidupan yang ada di lingkungan sekolah
3.1.2. Menjelaskan organisasi tingkat kehidupan yang ada di lingkungan sekolah
4.1.1. Menyajikan data hasil observasi organisasi tingkat kehidupan dalam bentuk tabel pengamatan
4.1.2. Presentasi hasil observasi dan diskusi tentang organisasi tingkat kehidupan yang ada lingkungan sekolah
D. MATERI PEMBELAJARAN
- Pada lingkungan sekitar banyak kita temukan bentuk organisasi kehidupan dari skup yang paling kecil sampai sekup yang paling besar. Pada tubuh kita ada bagian yang terkecil yaitu suatu atom dan atom tersebut akan berkempul membentuk Molekul. Pada lingkungan sekolah juga kita temukan berbagai tingkat organisasi kehidupan salah satu contoh yaitu Individu: pada taman SMAN 1 Bawang dapat kita jumpai sebatang pohon baugenvile, sebatang rumput teki. Populasi: kita dapat menemui sekumpulan rumput teki dan sekumpulan rumput hias. Sekumpulan rumput teki dan sekumpulan rumput hias akan membentuk suatu Komunitas rumput. Pada lingkungan sekolah dapat pula kita jumpai berbagai bentuk Ekosistem,baik ekosistem buatan ataupun ekosistem alami.Contoh dari ekosistem buatan: Taman sekolah, kebun sekolah, kolam ikan sedangkan untuk ekosistem alami dapat kita jumpai ekosistem sungai.
- Organisasi Tingkat Kehidupan meliputi:
a.
Organisasi fungsional tingkat molekul
b.
Organisasi kehidupan tingkat sel
c.
Organisasi kehidupan tingkat jaringan
d.
Organisasi kehidupan tingkat organ dan sistem organ
e.
Organisasi kehidupan tingkat individu atau organisme
f.
Organisasi kehidupan tingkat populasi
g.
Organisasi kehidupan tingkat komunitas
h.
Organisasi kehidupan tingkat ekosisitem
i.
Organisasi kehidupan tingkat bioma
j.
Organisasi kehidupan tingkat biosfer
E.
Metode
Pembelajaran
Discovery based learning
F.
Media
Pembelajaran
-
LCD
-
Lingkungan sekolah
-
Lembar pengamatan Siswa
G.
Sumber
Belajar
-
Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas X
-
Buku Referensi
-
Internet
-
Lingkungan Sekolah
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (2 JP)
Tahapan Pembelajaran
|
Sintaks/Tahapan Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Pendahuluan
|
· Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama
· Menyanyikan
Lagu Indonesia Raya
· Guru
mengecek kehadiran siswa
· Guru
mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikaitkan dengan
kompetensi yang akan dipelajari
· Guru
menyampakaian kompetensi yang akan dipelajari
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
· Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi
· Guru
menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Stimulation
|
·
Guru menampilkan gambar berbagai tingkat organisasi
kehidupan yang ada di alam
·
Siswa diminta untuk mengamati tayangan tersebut
|
10
|
Problem
Statment
|
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang
persamaan dan perbedaan karakteristik dari gambar yang ditampilkan
·
Guru menayakan apakah tingkat organisasi kehidupan
yang ada di tayangan terdapat juga di
lingkungan sekolah
|
5
|
|
Data
Collection
|
·
Guru membagi siswa ke dalam kelompok observasi
(setiap kelompok terdiri dari 5 siswa)
·
Guru memberikan lembar observasi kepada
masing-masing kelompok
·
Guru memberikan arahan tentang observasi yang akan
dilakukan
·
Guru menugaskan siswa untuk mengisi lembar obsevasi
dengan melakukan pengamatan langsung ke lingkungan sekolah
|
25
|
|
Data
Processing
|
·
Siswa berdiskusi dengan anggota kelompok
masing-masing tentang hasil observasi dengan menjawab pertanyaan yang ada
pada lembar observasi
|
15
|
|
Verification
|
·
Satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan
kelompok lain menanggapi serta saling melengkapi jawaban pertanyaan yang ada
pada lembar observasi
·
Guru membantu dalam menguatkan konsep atau teori
yang sesuai
|
15
|
|
Kegiatan
Penutup
|
· Guru
dan siswa membuat kesimpulan tentang hasil diskusi
· Lembar
pengamatan setiap kelompok dikumpulkan
· Guru
memberikan review dan Tanya jawab tentang hasil diskusi yang telah dilakukan
· Guru
menjelaskan keagungan Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan berbagai
bentuk organisasi tingkat kehidupan yang ada di alam
· Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi tentang cabang Ilmu
Biologi dari berbagai sumber
· Guru
mengucapkan salam
|
10
|
I. Penilaian Hasil Belajar
a.
Penilaian Pengetahuan:
-
Teknik penilaian : Tes tertulis
-
Instrumen : terlampir
-
Rubrik penilaian : terlampir
b.
Penilaian Sikap:
- Instrumen : terlampir
- Rubrik penilaian : terlampir
c.
Penilaian Ketrampilan:
-
Instrumen : terlampir
-
Rubrik penilaian : terlampir
Bawang, Juli 2016
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mapel Biologi
Dwi Yuliati
Mulyaningsih,S.Pd. Septiana
Triastuti,S.Pd.
NIP 19650710 198703 2 007 NIP 19800913 201406 b2 006
NIP 19650710 198703 2 007 NIP 19800913 201406 b2 006
Subscribe to:
Post Comments
(Atom)
untuk informasi lainnya mengenai Permasalahan Biologi Pada Berbagai Tingkat Organisasi Kehidupan, silahkan kunjungi blog saya di Ensikloblogia
ReplyDelete