Block

Enter Block content here...


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam pharetra, tellus sit amet congue vulputate, nisi erat iaculis nibh, vitae feugiat sapien ante eget mauris.

New Block


Wednesday, October 5, 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 02

Nama Sekolah      :
SMA Negeri 1 Bawang
Mata Pelajaran      :
Biologi
Kelas/Semester    :
 X/ 1
Materi Pokok         :
Ruang Lingkup Biologi
Alokasi Waktu       :  2 x 45 menit

A.    TUJUAN
Setelah melakukan diskusi siswa dapat menjelaskan cabang ilmu Biologi dan manfaat mempelajari ilmu Biologi bagi kehidupan dengan tepat


B.     KOMPETENSI DASAR
3.1.Menjelaskan ruang lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja
4.1 Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat Organisasi kehidupan

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.5 Menjelaskan cabang cabang ilmu biologi dan kaitannya dengan pemecahan masalah yang berhubungan dengan ilmu Biologi
3.1.4   Menjelaskan manfaat mempelajari ilmu Biologi bagi kehidupan
4.1.4 Mempresentasikan hasil diskusi tentang cabang ilmu Biologi dan manfaat mempelajari Ilmu Biologi bagi kehidupan

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Cabang-cabang ilmu Biologi
Cabang ilmu biologi mencakup semua aspek yang dipelajari dalam disiplin ilmu Biologi.Dengan bantuan cabang Biologi kita bisa mempelajari setiap sisi dari ilmu Biologi secara detail dan mendalam. Cabang ilmu Biologi yang dipelajari antara lain:
a.    Zoologi
b.    Botani
c.    Fisiologi
d.   Histologi
e.    Morfologi
f.     Genetika
g.    Mikrobiologi
h.    Virologi
i.      Mikologi
j.      Bakteriologi
k.    Bioteknologi
Cabang ilmu Biologi dapat diterapkan dalam seluruh bidang kehidupan. Contohnya banyak kasus anak yang tertukar di Rumah Sakit Bersalin dapat terselesaikan dengan tes golongan darah dan tes DNA . Tes DNA dan tes golongan darah di dalam ilmu Biologi dipelajari oleh ilmu Gnetika.
Ilmu Biologi memberi manfaat yang cukup besar bagi seluruh bidang kehidupan. Manfaat mempelajari ilmu Biologi antara lain:
a.          Dalam bidang kedokteran dapat dimanfaatkan untuk membuat serum dan antibody monoclonal
b.         Bidang pertanian, misalnya berperan dalam menghasilkan bibit unggul yang tahan hama
c.          Perternakan dan perikanan, berperan dalam menghasilkan ikan dan hewan dengan varietas unggul
d.         Bidang industri pangan, dengan menggunakan agen biologi dan bioteknologi manuasia dapat membuat berbagai jenis makanan antara lain Yakult, Yoghurt, Nata de Coco dan lain sebagainya
Ilmu Biologi juga dapat memberikan efek yang ke arah negative. Hal ini tentu saja bisa terjadi karena pemanfaatan ilmu Biologi harus di dasari dengan Iman dan Takwa. Apabila hal itu terabaikan makan sering terjadi kasus sebagai berikut:
a.         Mengeksploitasi alam secara berlebih sehingga alam mengalami kerusakan
b.         Penggunaan pestisida tidak sesuai dengan aturan sehingga menyebabkan pencemaran air maupun tanah
c.         Mikroorganisme yang memiliki sifat mematikan dapat digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab yaitu digunakan untuk senjata biologis

E.     Metode Pembelajaran   
Problem based learning

F.      Media Pembelajaran
-          LCD
-          Lembar Diskusi Siswa

G.    Sumber Belajar
-          Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas X
-          Buku Referensi
-          Internet

H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
1.   Pertemuan ke dua: (2 JP)
Tahapan Pembelajaran
Sintaks/Tahapan Model Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Guru mengecek kehadiran siswa
·         Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikaitkan dengan kompetensi yang akan dipelajari
·         Guru menyampakaian kompetensi yang akan dipelajari
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi
·         Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
10 menit
Kegiatan Inti
Orientasi Peserta Didik Kepada Masalah
·     Guru menampilkan berbagai gambar yang menunjukan permasalhan  yang berkaitan dengan Biologi
·     Siswa diminta untuk memberikan komentar dan guru memberikan pertanyaan tentang tayangan tersebut
10

Mengorganisir Peserta Didik
·      Guru membagi siswa ke dalam kelompok observasi (setiap kelompok terdiri dari 5 siswa)
·     Guru memberikan lembar diskusi  kepada masing-masing kelompok
·     Guru memberikan arahan tentang diskusi yang akan dilakukan
·      Guru menugaskan siswa untuk mengisi lembar diskusi dengan menggunakan sumber informasi yang telah di bawa dari rumah ataupun ditambah dengan buku teks yang dimiliki oleh siswa
5menit

Membimbing penyelidikan Individu atau Kelompok
·     Guru mengarahkan siswa untuk menerapkan cabang cabag ilmu biologi yang ada untuk memecahkan berbagai permasalahan Biologi yang ada pada lembar diskusi siswa
·     Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber untuk mengetahui manfaat mempelajari ilmu biologi dalam kehidupan
·     Guru membimbing siswa dalam mengisi lembar diskusi
25 menit

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·      Satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi serta saling melengkapi jawaban pertanyaan yang ada pada lembar diskusi
·      Guru memberikan pertanyaan tambahan untuk mengkuatkan konsep yang ada dan siswa diberi kesempatan untuk menjawab
·     Guru membantu dalam menguatkan konsep atau teori yang sesuai
20 menit

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
·      Guru memandu siswa untuk menganalisis permasalahan yang dipresentasikan oleh salah satu kelompok
·      Guru memberi penguatan dan menarik kesimpulan bersama siswa
10 menit
Kegiatan Penutup

·     Guru menegaskan konsep-konsep penting dari hasil diskusi
·     Lembar diskusi setiap kelompok dikumpulkan
·     Guru memberikan review dan Tanya jawab tentang hasil diskusi yang telah dilakukan

·     Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi tentang metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium.
·     Guru mengucapkan salam
10 menit



I.        Penilaian Hasil Belajar
a.    Penilaian Pengetahuan:
-    Teknik penilaian   : Tes tertulis
-    Instrumen             : terlampir
-    Rubrik penilaian   : terlampir       
b.    Penilaian Sikap:
-    Instrumen             : terlampir
-    Rubrik      penilaian          : terlampir
c.    Penilaian Ketrampilan:
-    Instrumen             : terlampir
-    Rubrik penilaian   : terlampir



Bawang,        Juli 2016

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mapel Biologi




Dwi Yuliati Mulyaningsih,S.Pd.                                                         Septiana Triastuti,S.Pd.
NIP 19650710 198703 2 007                                                            NIP 19800913 201406 b2 006



0 comments:

Post a Comment

Search

Login Form