Block
Enter Block content here...
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam pharetra, tellus sit amet congue vulputate, nisi erat iaculis nibh, vitae feugiat sapien ante eget mauris.
New Block
Wednesday, October 5, 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 02
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Bawang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Ruang Lingkup Biologi
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Bawang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Ruang Lingkup Biologi
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A. TUJUAN
Setelah melakukan diskusi siswa dapat menjelaskan cabang ilmu Biologi dan
manfaat mempelajari ilmu Biologi bagi kehidupan dengan tepat
B.
KOMPETENSI DASAR
3.1.Menjelaskan ruang lingkup Biologi (permasalahan
pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui
penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja
4.1 Menyajikan data hasil penerapan metode
ilmiah tentang permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat Organisasi
kehidupan
C. INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
3.1.5 Menjelaskan cabang cabang ilmu biologi dan kaitannya dengan pemecahan
masalah yang berhubungan dengan ilmu Biologi
3.1.4 Menjelaskan manfaat
mempelajari ilmu Biologi bagi kehidupan
4.1.4 Mempresentasikan hasil diskusi tentang cabang ilmu Biologi dan
manfaat mempelajari Ilmu Biologi bagi kehidupan
D. MATERI PEMBELAJARAN
Cabang-cabang ilmu Biologi
Cabang ilmu biologi mencakup semua aspek yang dipelajari dalam disiplin
ilmu Biologi.Dengan bantuan cabang Biologi kita bisa mempelajari setiap sisi
dari ilmu Biologi secara detail dan mendalam.
Cabang ilmu Biologi yang dipelajari antara lain:
a.
Zoologi
b.
Botani
c.
Fisiologi
d.
Histologi
e.
Morfologi
f.
Genetika
g.
Mikrobiologi
h.
Virologi
i.
Mikologi
j.
Bakteriologi
k.
Bioteknologi
Cabang ilmu Biologi dapat diterapkan dalam seluruh bidang kehidupan.
Contohnya banyak kasus anak yang tertukar di Rumah Sakit Bersalin dapat
terselesaikan dengan tes golongan darah dan tes DNA . Tes DNA dan tes golongan
darah di dalam ilmu Biologi dipelajari oleh ilmu Gnetika.
Ilmu Biologi memberi manfaat yang cukup besar bagi seluruh bidang
kehidupan. Manfaat mempelajari ilmu Biologi antara lain:
a.
Dalam bidang
kedokteran dapat dimanfaatkan untuk membuat serum dan antibody monoclonal
b.
Bidang
pertanian, misalnya berperan dalam menghasilkan bibit unggul yang tahan hama
c.
Perternakan dan
perikanan, berperan dalam menghasilkan ikan dan hewan dengan varietas unggul
d.
Bidang industri
pangan, dengan menggunakan agen biologi dan bioteknologi manuasia dapat membuat
berbagai jenis makanan antara lain Yakult, Yoghurt, Nata de Coco dan lain
sebagainya
Ilmu Biologi juga dapat memberikan efek yang ke arah negative. Hal ini
tentu saja bisa terjadi karena pemanfaatan ilmu Biologi harus di dasari dengan
Iman dan Takwa. Apabila hal itu terabaikan makan sering terjadi
kasus sebagai berikut:
a.
Mengeksploitasi
alam secara berlebih sehingga alam mengalami kerusakan
b.
Penggunaan
pestisida tidak sesuai dengan aturan sehingga menyebabkan pencemaran air maupun
tanah
c.
Mikroorganisme
yang memiliki sifat mematikan dapat digunakan oleh pihak yang tidak
bertanggungjawab yaitu digunakan untuk senjata biologis
E. Metode Pembelajaran
Problem based learning
F.
Media Pembelajaran
-
LCD
-
Lembar Diskusi
Siswa
G. Sumber Belajar
-
Buku Teks
Pelajaran Biologi Kelas X
-
Buku Referensi
-
Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan ke dua: (2 JP)
Tahapan Pembelajaran
|
Sintaks/Tahapan Model
Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa
·
Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari
dan dikaitkan dengan kompetensi yang akan dipelajari
·
Guru menyampakaian kompetensi yang akan dipelajari
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi
·
Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan
digunakan
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Orientasi
Peserta Didik Kepada Masalah
|
·
Guru menampilkan berbagai gambar yang menunjukan
permasalhan yang berkaitan dengan
Biologi
·
Siswa diminta untuk memberikan komentar dan guru
memberikan pertanyaan tentang tayangan tersebut
|
10
|
|
Mengorganisir
Peserta Didik
|
·
Guru membagi
siswa ke dalam kelompok observasi (setiap kelompok terdiri dari 5 siswa)
·
Guru memberikan lembar diskusi kepada masing-masing kelompok
·
Guru memberikan arahan tentang diskusi yang akan
dilakukan
·
Guru menugaskan siswa untuk mengisi lembar diskusi
dengan menggunakan sumber informasi yang telah di bawa dari rumah ataupun
ditambah dengan buku teks yang dimiliki oleh siswa
|
5menit
|
|
Membimbing
penyelidikan Individu atau Kelompok
|
·
Guru mengarahkan siswa untuk menerapkan cabang cabag
ilmu biologi yang ada untuk memecahkan berbagai permasalahan Biologi yang ada
pada lembar diskusi siswa
·
Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi dari
berbagai sumber untuk mengetahui manfaat mempelajari ilmu biologi dalam
kehidupan
·
Guru membimbing siswa dalam mengisi lembar diskusi
|
25
menit
|
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
·
Satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok
lain menanggapi serta saling melengkapi jawaban pertanyaan yang ada pada
lembar diskusi
·
Guru memberikan pertanyaan tambahan untuk
mengkuatkan konsep yang ada dan siswa diberi kesempatan untuk menjawab
·
Guru membantu dalam menguatkan konsep atau teori
yang sesuai
|
20
menit
|
|
Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
·
Guru memandu siswa untuk menganalisis permasalahan
yang dipresentasikan oleh salah satu kelompok
·
Guru memberi penguatan dan menarik kesimpulan
bersama siswa
|
10
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
|
·
Guru menegaskan konsep-konsep penting dari hasil
diskusi
·
Lembar diskusi setiap kelompok dikumpulkan
·
Guru memberikan review dan Tanya jawab tentang hasil
diskusi yang telah dilakukan
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca
materi tentang metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium.
·
Guru mengucapkan salam
|
10
menit
|
I. Penilaian Hasil Belajar
a. Penilaian Pengetahuan:
-
Teknik penilaian :
Tes tertulis
-
Instrumen :
terlampir
-
Rubrik penilaian :
terlampir
b. Penilaian Sikap:
-
Instrumen :
terlampir
-
Rubrik penilaian : terlampir
c. Penilaian Ketrampilan:
-
Instrumen :
terlampir
-
Rubrik penilaian :
terlampir
Bawang, Juli 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Biologi
Dwi Yuliati
Mulyaningsih,S.Pd. Septiana
Triastuti,S.Pd.
NIP 19650710
198703 2 007 NIP
19800913 201406 b2 006
Subscribe to:
Post Comments
(Atom)
0 comments:
Post a Comment