Block

Enter Block content here...


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam pharetra, tellus sit amet congue vulputate, nisi erat iaculis nibh, vitae feugiat sapien ante eget mauris.

New Block


Wednesday, October 5, 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 01

Nama Sekolah      :
SMA Negeri 1 Bawang
Mata Pelajaran      :
Biologi
Kelas/Semester    :
 X/ 1
Materi Pokok         :
Ruang Lingkup Biologi
Alokasi Waktu       :  2 x 45 menit 


A.       TUJUAN 

Setelah melakukan observasi siswa dapat menjelaskan permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan dengan tepat 

B.        KOMPETENSI DASAR 

3.1    Menjelaskan ruang lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja 
4.1    Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat Organisasi kehidupan 

C.       INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 
3.1.1.      Mengidentifikasi organisasi tingkat kehidupan yang ada di lingkungan sekolah 
3.1.2.      Menjelaskan organisasi tingkat  kehidupan yang ada di lingkungan sekolah  
4.1.1.     Menyajikan data hasil observasi organisasi tingkat kehidupan dalam bentuk tabel pengamatan 
4.1.2.   Presentasi hasil observasi dan diskusi tentang organisasi tingkat kehidupan yang ada lingkungan sekolah

D.       MATERI PEMBELAJARAN
  1. Pada lingkungan sekitar banyak kita temukan bentuk organisasi kehidupan dari skup yang paling kecil sampai sekup yang paling besar. Pada tubuh kita ada bagian yang terkecil yaitu suatu atom dan atom tersebut akan berkempul membentuk Molekul. Pada lingkungan sekolah juga kita temukan berbagai tingkat organisasi kehidupan salah  satu contoh yaitu Individu: pada taman SMAN 1 Bawang dapat kita jumpai sebatang pohon baugenvile, sebatang rumput teki. Populasi: kita dapat menemui sekumpulan rumput teki dan sekumpulan rumput hias. Sekumpulan rumput teki dan sekumpulan rumput hias akan membentuk suatu Komunitas rumput. Pada lingkungan sekolah dapat pula kita jumpai berbagai bentuk Ekosistem,baik ekosistem buatan ataupun ekosistem alami.Contoh dari ekosistem buatan: Taman sekolah, kebun sekolah, kolam ikan sedangkan untuk ekosistem alami dapat kita jumpai ekosistem sungai. 
  2. Organisasi Tingkat Kehidupan meliputi:
                                  a.            Organisasi fungsional tingkat molekul
                                 b.            Organisasi kehidupan tingkat sel
                                  c.            Organisasi kehidupan tingkat jaringan
                                 d.            Organisasi kehidupan tingkat organ dan sistem organ
                                  e.            Organisasi kehidupan tingkat individu atau organisme
                                  f.            Organisasi kehidupan tingkat populasi
                                 g.            Organisasi kehidupan tingkat komunitas
                                 h.            Organisasi kehidupan tingkat ekosisitem
                                   i.            Organisasi kehidupan tingkat bioma
                                   j.            Organisasi kehidupan tingkat biosfer

E.        Metode Pembelajaran  
Discovery based learning

F.        Media Pembelajaran
-          LCD
-          Lingkungan sekolah
-          Lembar pengamatan Siswa

G.       Sumber Belajar
-          Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas X
-          Buku Referensi
-          Internet
-          Lingkungan Sekolah


H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama: (2 JP)
Tahapan Pembelajaran
Sintaks/Tahapan Model Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan
·      Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·      Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
·      Guru mengecek kehadiran siswa
·      Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikaitkan dengan kompetensi yang akan dipelajari
·      Guru menyampakaian kompetensi yang akan dipelajari
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi
·      Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
10 menit
Kegiatan Inti
Stimulation
·     Guru menampilkan gambar berbagai tingkat organisasi kehidupan yang ada di alam
·     Siswa diminta untuk mengamati tayangan tersebut
10

Problem Statment
·     Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang persamaan dan perbedaan karakteristik dari gambar yang ditampilkan
·     Guru menayakan apakah tingkat organisasi kehidupan yang ada di tayangan terdapat juga  di lingkungan sekolah
5

Data Collection
·     Guru membagi siswa ke dalam kelompok observasi (setiap kelompok terdiri dari 5 siswa)
·     Guru memberikan lembar observasi kepada masing-masing kelompok
·     Guru memberikan arahan tentang observasi yang akan dilakukan
·     Guru menugaskan siswa untuk mengisi lembar obsevasi dengan melakukan pengamatan langsung ke lingkungan sekolah
25

Data Processing
·     Siswa berdiskusi dengan anggota kelompok masing-masing tentang hasil observasi dengan menjawab pertanyaan yang ada pada lembar observasi
15

Verification
·      Satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi serta saling melengkapi jawaban pertanyaan yang ada pada lembar observasi
·      Guru membantu dalam menguatkan konsep atau teori yang sesuai
15
Kegiatan Penutup

·     Guru dan siswa membuat kesimpulan tentang hasil diskusi
·     Lembar pengamatan setiap kelompok dikumpulkan
·     Guru memberikan review dan Tanya jawab tentang hasil diskusi yang telah dilakukan
·     Guru menjelaskan keagungan Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan berbagai bentuk organisasi tingkat kehidupan yang ada di alam
·     Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi tentang cabang Ilmu Biologi dari berbagai sumber
·     Guru mengucapkan salam
10

 I. Penilaian Hasil Belajar
a.       Penilaian Pengetahuan:
-    Teknik penilaian        : Tes tertulis
-    Instrumen                  : terlampir
-    Rubrik penilaian        : terlampir       
b.      Penilaian Sikap:
- Instrumen                   : terlampir
- Rubrik            penilaian          : terlampir
c.       Penilaian Ketrampilan:
-    Instrumen                  : terlampir
-    Rubrik penilaian        : terlampir

Bawang,  Juli 2016

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                         Guru Mapel Biologi



Dwi Yuliati Mulyaningsih,S.Pd.                                                   Septiana Triastuti,S.Pd.
NIP 19650710 198703 2 007                                                  NIP 19800913 201406 b2 006
















1 comment:

Search

Login Form