Block
Enter Block content here...
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam pharetra, tellus sit amet congue vulputate, nisi erat iaculis nibh, vitae feugiat sapien ante eget mauris.
New Block
Thursday, October 6, 2016
Nomor : 03
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Bawang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Ruang Lingkup Biologi
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. TUJUAN
Setelah melakukan diskusi siswa dapat menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dan mengidentifikasi rancangan percobaan sederhana serta menjelaskan prosedur keselamatan kerja di laboratorium dengan tepat
B. KOMPETENSI DASAR
3.1. Menjelaskan ruang lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja
4.1. Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat Organisasi kehidupan
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.5. Menjelasakan langkah langkah metode ilmiah
3.1.6. Mengidentifikasi alat, bahan, fungsi alat dan karakteristik bahan yang digunakan dalam rancangan percobaan sederhana
3.1.7. Menjelaskan prosedur keselamatan kerja di laboaratorium
4.1.5. Mempresentasikan hasil diskusi tentang identifikasi alat, bahan, fungsi alat dan karakteristik bahan yang digunakan dalam rancangan percobaan sederhana dan prosedur keselamatan kerja di laboratorium
D. MATERI PEMBELAJARAN
- Metode Ilmiah
Metode ilmiah memiliki tujuh langkah antara lain:
a. Pemilihan masalah dan studi pendahuluan
b. Perumusan masalah
c. Pengumpulan informasi
d. Pengajuan hipotesis
e. Pengumpulan informasi
f. Pengajuan hipotesis
g. Melakukan eksperimen
h. Analisi data
i. Pengambilan kesimpulan
- Prosedur Keselamatan Kerja di Laboratorium
Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang mahluk hidup dan hubunganya dengan lingkungan. Kegiatan ini tidak akan lepas dari kegiatan pengamatan baik di lingkungan ataupun di dalam laboratorium. Kerja dilaboratorium tentunya melibatkan aktivitas yang berhubungan ddengan alat, bahan dengan fungsi dan karakteristik yang berbeda beda. Untuk menekan tingkat kecelakaan kerja di laboratorium maka kita perlu mempelajari keselamatan kerja di laboratorium dan mengetahui standar operasional penggunaan laboratorium. Kita juga harus mengenal karakteridtik bahan dyang ada di laboratorium dan mengenal simbol bahan-bahan kimia yang ada di laboratorium .
SIMBOL BAHAN KIMIA BESERTA ARTINYA
1. Bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi, gatal-gatal dan dapat menyebabkan luka bakar pada kulit. Nama : Iritans, Lambang : Xi
2. Bahan-bahan yang bersifat racun, dapat menyebabkan sakit serius bahkan kematian jika tertelan atau terhirup. Nama : Toksix, Lambang: T
3. Bahan yang dapat merusak kesehatan tubuh bila kontak langsung dengan tubuh atau melalui inhalasi. Nama : Harmfull, Lambang : Xn
4. Bahan kimia yang mempunyai titik nyala rendah, mudah terbakar dengan api bunsen, permukaan metal panas atau loncatan bunga api. Nama : Flammable
5. Bahan kimia bersifat pengoksidasi, dapat menyebabkan kebakaran dengan menghasilkan panas saat kontak dengan bahan organik dan bahan pereduksi. Nama : Oxidizing, Lambang : O
6. Bahan kimia yang mudah meledak dengan adanya panas atau percikan bunga api, gesekan atau benturan. Nama : Explosive, Lambang : E
7. Bahan kimia yang berbahaya bagi satu atau beberapa komponen lingkungan. Dapat menyebabkan kerusakan ekosistem. Nama : Dengerous For the Environment, Lambang : N
8. Bahan yang bersifat korosif, dapat merusak jaringan hidup, dapat menyebabkan iritasi pada kulit, gatal-gatal dan dapat membuat kulit mengelupas. Nama : Corosive, Lambang : C
9. Bahan yang mengandung material atau kombinasi dari material lain yang dapat memancarkan radiasi secara spontan. Nama Radioactive
Penyimpanan alat juga harus sesuai dengan SOP yang ditentukan. Contohnya untuk penyimpanan mikroskop di laboratorium Biologi sekolah kami belum sesuai dengan SOP. Hal itu dapat di lihat pada gambar di bawah ini:
Gb. 1
Gb 2
Gb 1 :Mikroskop setelah digunakan tidak diletakan ke lemari penyimpanan
Gb.2 : Lemari penyimpanan mikroskop di satukan dengan lemari penyimpanan alat praktikum yang lain dan ruangan penyimpanan mikroskop gelap kurang adanya sirkulasi udara dan tidak ada jendela. Hal ini menyebabkan jamur mudah tumbuh khususnya pada bagian lensa mikroskop.
Tempat Penyimpanan Mikroskop yang ideal:
1. Jangan di simpan pada kotak pengiriman
2. Mikroskop disimpan pada lemari khusus mikroskop
3. Jaga kelembaban udara di dalam lemari mikroskop
4. Tutup mikroskop dengan plastic
5. Simpan dalam keadaan rapi
6. Jangan simpan mikroskop dengan dengan sumber api
7. Setelah digunakan selalu dikembalikan pada tempatnya
Selain penyimpanan alat yang sesuai dengan prosedur kita juga harus mengetahui cara menanggulangi kecelakaan kerja di laboratorium antara lain:
a. Apabila organ tubuh kita terbakar maka segera dialiri dengan air yang mengalir
b. Apabila seseorang tidak sengaja meminum zat kimia yang bersifat basa maka segera minum asam cuka encer atau minum air putih sebanyak-banyaknya
c. Apabila seseorang meminum zat kimia bersifat asam maka hendaknya kita meminum zat kimia yang bersifat basa encer atau air putih yang sebanyak banyaknya
d. Apabila seseorang tanpa sengaja menghirup gas berbahaya maka segera buka ruangan sehingga udara bisa segera berganti, kendurkan pakaian, bawa di tempat udara terbuka, apabila pingsan diberikan nafas buatan atau di dekatkan dengan bau bauan yang menyengat.Apabila kondisi penderita tidak segera siuman maka harus diberi oksigen atau di bawa ke rumah sakit terdekat
E. Metode Pembelajaran
Problem based learning
F. Media Pembelajaran
- LCD
- Lembar Diskusi Siswa
G. Sumber Belajar
- Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas X
- Buku Referensi
- Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ketiga: (2 JP)
Tahapan
Pembelajaran
|
Sintaks/ Tahapan Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa
·
Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari
dan dikaitkan dengan kompetensi yang akan dipelajari
·
Guru menyampakaian kompetensi yang akan dipelajari
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi
·
Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan
digunakan
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Orientasi
Peserta Didik Kepada Masalah
|
·
Guru menampilkan berbagai gambar yang berhubungan
dengan rancangan penelitian dan beberapa kasus yyang terjadi di dalam
laboratorium
·
Siswa diminta untuk memberikan komentar dan guru
memberikan pertanyaan tentang tayangan tersebut
|
10
menit
|
|
Mengorganisir
Peserta Didik
|
·
Guru membagi siswa ke dalam kelompok observasi
(setiap kelompok terdiri dari 5 siswa)
·
Guru memberikan lembar diskusi kepada masing-masing kelompok
·
Guru memberikan arahan tentang diskusi yang akan
dilakukan
·
Guru menugaskan siswa untuk mengisi lembar diskusi
dengan menggunakan sumber informasi yang telah di bawa dari rumah ataupun
ditambah dengan buku teks yang dimiliki oleh siswa
|
5 menit
|
|
Membimbing
penyelidikan Individu atau Kelompok
|
·
Guru mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi
rancangan percobaan dengan dasar dari berbagi sumber informasi
·
Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi dari
berbagai sumber untuk mengetahui prosedur keselamat kerja laboratorium yang
sesuia SOP
·
Guru membimbing siswa dalam mengisi lembar diskusi
|
25
|
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
·
Satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan
kelompok lain menanggapi serta saling melengkapi jawaban pertanyaan yang ada
pada lembar diskusi
·
Guru memberikan pertanyaan tambahan untuk
mengkuatkan konsep yang ada dan siswa diberi kesempatan untuk menjawab
·
Guru membantu dalam menguatkan konsep atau teori
yang sesuai
|
20
menit
|
|
Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
·
Guru memandu siswa untuk menganalisis permasalahan
yang dipresentasikan oleh salah satu kelompok
·
Guru memberi penguatan dan menarik kesimpulan
bersama siswa
|
10
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
|
·
Guru menegaskan konsep-konsep penting dari hasil
diskusi
·
Lembar diskusi setiap kelompok dikumpulkan
·
Guru memberikan review dan Tanya jawab tentang hasil
diskusi yang telah dilakukan
·
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan
soal soal yang ada pada buku teks Biologi Kelas X dan di bahas pada pertemuan
berikutnya
·
Guru mengucapkan salam
|
10
menit
|
I. Penilaian Hasil Belajar
a. Penilaian Pengetahuan:
- Teknik penilaian : Tes tertulis
- Instrumen : terlampir
- Rubrik penilaian : terlampir
b. Penilaian Sikap:
- Instrumen : terlampir
- Rubrik penilaian : terlampir
c. Penilaian Ketrampilan:
- Instrumen : terlampir
- Rubrik penilaian : terlampir
Bawang, Juli 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Biologi
Dwi Yuliati Mulyaningsih,S.Pd. Septiana Triastuti,S.Pd.
NIP 19650710 198703 2 007 NIP 19800913 201406 b2 006
Subscribe to:
Post Comments
(Atom)
0 comments:
Post a Comment